10 Cara Mengatasi Error Google Chrome Agar Internet Lancar

cara mengatasi error di browser google chrome

Google Chrome merupakan salah satu browser yang paling banyak difavoritkan dan digunakan oleh masyarakat saat ini, dimana pengguna browser satu ini mencapai sekitar 31% di pangsa pasar dunia menurut travel advisor pada Juli 2019 lalu, kemudian disusul oleh pesaing chrome seperti safari sekitar 9%, dan uc browser menempati posisi ketiga yakni dengan persentase 4 %.

Dengan dominasi chrome yang sangat tinggi tersebut, telah membuktikan bahwa chrome menjadi salah satu browser paling nyaman dan mudah digunakan dibanding web browser lainnya. Namun namanya juga sebuah program tidak luput dari namanya error ataupun masalah seperti bug, sehingga sering munculnya tulisan not responding ketika menggunakan broser satu ini. Sehingga hal satu ini menggangu kenyamanan kita saat menggunakan browser tersebut.

10 Cara Mengatasi Google Chrome Yang Error

Selain munculnya error seperti tak responding, ada juga gejala seperti kecepatan internet yang lambat, hal ini mungkin saja terjadi karena adanya kesalahan dalam aplikasi tersebut. Sehingga kali ini dunia gamer akan memberikan tips cara mudah mengatasi google chrome yang error sehingga lebih cepat.

1. Selalu Update Versi Chrome Kamu

update versi terbaru google chrome

Salah satu hal yang sering disepelekan orang adalah jarang update browser satu ini. Padahal update aplikasi adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah aplikasi, dengan adanya update tersebut menandakan versi sebelumnya mungkin mempunyai masalah atau bug yang hanya bisa diselesaikan dengan mengupdate chrome kamu ke versi terbaru.

Dalam beberapa studi menyatakan bahwa update program atau aplikasi itu sangat penting, sehingga browser kamu lebih efektif menangkal virus, intenet lebih cepat dan menambah kenyamanan penggunanya.


2. Hapus History Dan Cache Pada Chrome

Dengan menghapus History dan Cache Pada chrome juga bisa menjadikan chrome kamu berjalan lebih cepat, hal ini disebabkan karena dengan menyimpan banyak history dan cache pada chrome akan mempengaruhi memory penyimpanan pada aplikasi, semakin lama kamu menyimpan banyak cache maka akan memenuhi ruang penyimpanan kamu dan pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja dari chrome kamu, terlebih saat pertama kali aplikasi diaktifkan.

Agar dapat menghapus cache pada browser kamu, kamu hanya perlu tekan tanda titik tiga yang berada pada pojok kanan atas, kemudian pilih History, pilih clear browsing data, nanti akan terdapat pilihan basic atau advance, kamu pilih advance dan centang sesuai kehendak kamu. Jika PC kamu tidak memiliki banyak ruang, menghapus file yang tidak perlu seperti ini bisasedikit mempercepat kinerja chrome kamu.


3. Tutup Tabs Yang Tidak Digunakan

tutup tabs google chrome

Mungkin hal ini terlihat sangat sepele, namun ternyata hal ini sangat berpengaruh sekali lho. Karena membuka suatu halaman website pada sebuah internet itu membutuhkan ruang memory agar bisa ditampilkan. Oleh karena itu semakin banyak kalian membukan tab baru maka memory yang terpakai pun semakin besar sehingga web browsermu semakin banyak bekerja.

Agar bisa melihat bukti tersebut, kamu bisa membukannya melalui task manager, karena disana kamu bisa melihat seberapa besar memory yang kamu gunakan dalam google chrome. Sehingga dengan menutup tab halaman yang sudah digunakan tentu saja akan mengurangi beban kerja pada Google Chrome kamu, dengan begitu tentu saja akan menjadikanya lebih mudah dalam meproses perintah kamu dengan lebih cepat dan maksimal dalam mengakses web yang ingin kamu buka.


4. Hapus Ekstensi Yang Tidak Penting

ekstensi pada google chrome

Tak hanya menutup tab yang sudah tidak digunakan lagi, menghapus ekstensi yang tak penting juga bisa mempercepat kinerja Google Chrome kamu untuk memproses yang kamu butuhkan. Hal ini tentu saja berpengaruh, terutama jika kamu menggunakan komputer dengan spesifikasi yang kentang atau sudah ditelan oleh jaman.

Fungsi dari menghaspus ekstensi yang sudah tidak penting akan membuat kinerja chrome kamu semakin lancar terutama saat proses loading awal dimana pada saat itu akan banyak jadi proses terberat bagi sebuah aplikasi. Karena pada saat awal load aplikasi, maka mereka akan memproses semua hal yang ada dalam aplikasi tersebut, dengan adanya ekstensi-ekstensi yang banyak tentu saja akan mempengaruhi kinerja chrome. Setidaknya jika kamu menghapus ekstensi tak berguna itu, beban yang ada pada chrome menjadi lebih ringan dan bisa mempercepat chrome kamu, terlebih saat proses load awal.


5. Reset Google Chrome

reset google chrome

Jika cara diatas masih tidak efektif, maka mungkin masalah itu ada pada Google Chrome kamu itu sendiri, oleh karena itu dengan melakukan reset mungkin adalah cara terampuh yang bisa kamu gunakan. Google Chrome bisa jadi bermasalah karena ada beberapa sebab, bisa jadi karena malware atau adware yang menyerang Google Chrome milikmu, oleh karena itu reset Chrome bisa menjadi salah satu cara. Dengan mereset Chrome, semua pengaturan dan ekstensi dan semua akun baik history dll akan terhapus dan tereset ulang menjadi seperti awal pada saat diinstall.

Cara mereset Google Chrome kamu, kamu hanya pelu memasuki menu pengaturan, kamu hanya perlu tekan tanda titik tiga yang berada pada pojok kanan atas, kemudian pilih menu pengaturan, kemudian setelah itu pilih menu advanced, nanti kamu akan menemukan reset chrome berada pada ujung bawah.


6. Gunakan Fitur Preftech Milik Chrome

fitur pretech chrome

Sebenarnya, Chrome memiliki fitur prefetch yang akan membuat halaman web memuat lebih cepat daripada di browser lain. Pada dasarnya, prefetch akan memuat ulang halaman web yang kamu kunjungi menggunakan cookie yang telah dikumpulkan Chrome selama kunjungan sebelumnya. Dengan fitur ini, akan memungkinkanmu untuk menelusuri halaman web yang sudah dikenal jauh lebih cepat dari biasanya.

Agar bisa mengaktifkanya, kamu hanya perlu masuk pada laman pengaturan, kemudian pilih default browser, pilih advanced yang berada diujung bawah dan aktifkan Preload pages for faster browsing and searching.


7. Menggunakan Fitur Sofrware Removal Tool

Chrome sendiri dilengkapi fitur yang cukup ampuh untuk membersihkan komputer kamu dari malware yang mungkin terinfeksi. Karena dengan adanya malware dalam PC kamu, tentu saja akan berefek pada melambatnya kinerja google chrome milikmu.

Cara mengaktifkanya, kamu hanya perlu memasuki laman pengaturan, pilih advanced, pilih reset and clean up, akan terdapat dua pilihan, kamu harus pilih clean up computer nantinya akan terdapat perintah Find harmfull sofware, kamu klik tombol find dan nantinya chrome akan menelusuri komputermu dan memberikan solusi yang bisa digunakan.


8. Buat Flash Plugin Clik Untuk Memuat Halaman Web

flash plugin click

Ketika kamu menjelahi dunia intenet, maka banyak situs web yang menggunakan konten flash seperti video, iklan, dan jenis lainnya dari konten interaktif. Apa dampak dari konten-konten seperti itu? Biasanya, hal ini akan memperlambat kamu memuat suatu halaman web. Tentunya hal ini merupakan hal yang menyebalkan.

Maka dari itu, cara mempercepat koneksi Internet Google Chrome lainnya adalah kamu harus ke Settings, lalu masuk ke Show Advanced Settings. Pilih Content Settings di opsi Privacy, dan klik Let me choose when to run plugin content. Dengan begini, ketika ada konten seperti itu muncul dalam sebuah halaman, maka itu hanya akan bisa dimainkan ketika kamu melakukan klik.


9. Aktifkan Fitur Experimental Canvas

experimental canvas

Ini merupakan fitur pengembangan yang memungkinkan Chrome untuk mengambil keuntungan dari kanvas agar bisa mempercepat kecepatan loading dalam mengakses sebuah halaman web.

Untuk mengaktifkannya, masih dengan cara chrome://flags kemudian cari Experimental canvas features dan ketik opsi Enable. Setelah itu, kamu sudah berhasil mengaktifkan fitur Experimental canvas tersebut.


10. Gunakan Data Saver Untuk Google Chrome

data saver chrome

Browser terbaik Google Chrome dapat menggunakan akses Google server untuk mengompresi halaman web agar membuatnya lebih cepat dalam memuat data. Selain itu tentu lebih menghemat data bandwidth. Namun, jika kamu tersambung dengan konkesi Internet data yang lelet, tentu akan menyebalkan.

Solusi yang terbaik adalah dengan menggunakan fitur extensions Data Saver yang tersedia untuk Google Chrome. Caranya? Download extension Data Saver. Sehingga, ekstensi ini akan mulai mengompresi halaman web yang kamu buka dengan cepat meski dalam kondisi Internet yang lambat.


Itulah tadi 10 cara mengatasi error pada google chrome sehingga browser jadi lebih cepat ketika digunakan. Dengan begini kamu tidak akan bingung lagi apabila terdapat kendala ataupun lemot pada google chrome kamu. Jangan lupa juga untuk membaca artikel kami lainnya.