5 Tips Sederhana Agar Smartphone Android Terhindar Dari Malware

tips terhindar dari malware

Menurut banyak penelitian ditunjukan bahwa malware atau virus lebih banyak menagertkan smartphone android ataupun ios karena umumnya lebih terbuka luas untuk para penggunanya. Dimana android sendiri merupakan platform yang telah digunakan oleh ratusan produsen ponsel di seluruh dunia.

Hal ini tidak lepas dari kebebasan pengembang dalam mengutak-atik sistem file inti untuk membuatnya lebih unik dan menawarkan fitur yang belum pernah terlihat seperti sebelumnnya. Dimana menurut laporan MyBroadbanda, tingkat keparahan kerentanan rata-rata di Android adalah 7,3 sementara di iOS hanya 6,3 dalam kurun waktu 2009-2018.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Menggunakan Smartphone

Walaupun saat ini telah ada banyak tindakan pencegahan yang keluar, namun masih ada banyak sekali kemungkinan android kamu terinfeksi malware yang sembunyi dalam software. Namun jika kamu mulai khawatir dengan keamanan smartphone kamu, mungkin kamu perlu membaca dan mengikuti tips untuk mencegah, mendeteksi dan menghapus malware di Android kamu. Sehingga berikut tips yang bisa kamu ikuti.

1. Jangan Unduh Aplikasi dari Pihak Ketiga

Saat ini ada banyak game mobile yang rilis untuk smartphone Android. Namun biasanya game-game tersebut tidak dirilis secara serentak di semua negara dan hanya di beberapa negara saja. Sehingga untuk mengakalinya, banyak gamer yang mengunduhnya lewat aplikasi pihak ketiga untuk bisa memainkannya.

Padahal cara ini sangat berisiko dan bisa menyebabkan smartphone kamu tersusupi virus atau malware. Cara terbaik agar smartphone aman dari virus dan malware adalah dengan mengunduh aplikasi pada layanan yang telah disediakan oleh Google, yakni Play Store.

2. Hindari Klik Iklan Saat Browsing

Saat ini ada ratusan juta situs yang bisa diakses di internet. Kamu bisa mencari informasi apapun di internet lewat situs-situs yang tersedia. Namun tidak semua situs berisikan konten yang baik, ada juga yang mendorong kamu untuk mengklik gambar iklan yang tertera di situs tersebut.

Hindari kebiasaan mengklik iklan ini agar kamu terhindar dari malware atau virus, karena kamu tidak akan pernah tahu apakah iklan tersebut positif atau justru berisikan malware berbahaya.

3. Gunakan Keamanan Antivirus Resmi

Apakah kamu merasa khawatir terhadap data penting maupun akun bank yang tersangkut di smartphone menjadi santapan lezat malware?

Nah untuk menjaga hal penting tersebut, tentu kamu menbutuhkan antivirus atau proteksi untuk menjaganya selalu tetap aman. Mulailah berlangganan atau membeli antivirus resmi untuk menjaga smartphone kamu dari virus dan malware. Sering-seringlah melakukan pemindaian pada smartphone untuk memastikan kalau smartphone kamu bersih dari malware atau virus.

4. Perbarui Sistem Operasi

Pastikan untuk memperbarui sistem operasi (OS) smartphone kamu segera setelah versi baru tersedia. Menggunakan OS yang ketinggalan zaman justru bakal melemahkan sistem pertahanan smartphone kamu dan menempatkannya pada risiko serangan malware dan virus.

5. Gunakan Aplikasi Resmi

Smartphone Android memiliki sistem yang berintegrasi dengan Google, sehingga memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Oleh sebab itu, Google selalu memberikan rekomendasi aplikasi terbaik yang bisa kamu unduh melalui layanan Play Store.

Untuk sebuah aplikasi yang baru yang dirilis secara resmi, sudah pasti akan muncul ketika kamu mencarinya dipencarian Play Store. Sebelum mengunduh aplikasi, kamu juga harus memeriksa peringkat dan ulasan aplikasi terlebih dulu. Jika memiliki peringkat dan jumlah unduhan rendah, sebaiknya kamu hindari mengunduh aplikasi tersebut.

Baca Juga: 5 Ciri Dan Tanda Smartphone Terkena Virus Malware

Itulah tadi beberapa tips agar smartphone android kamu terhindar dari virus malware. Semoga dengan tips diatas bisa memberikan kamu informasi dan wawasan terbaru buat kamu.