Kominfo Resmi Umumkan Pemblokiran Imei Ilegal Selama 2 Hari

Kominfo Resmi Umumkan Pemblokiran Imei Ilegal Selama 2 Hari

aturan imei smartphone

Pemerintah melalui menteri Kominfo pada hari ini resmi memulai ujicoba penerapan aturan pemblokiran ponsel ilegal (black market) melalui nomor internasional Mobile Equipment Identity (IMEI). Rencananya uji coba ini akan dilakukan selama 2 hari.

Dan dalam sebuah wawancara beberapa hari lalu, direktur standarisasi perangkat pos dan informatika kementrian Kominfo, Mochamad Hadiyana mengatakan uji coba penerapan imei akan dimulai hari ini. Dimana pemerintah akan bekerjasama dengan 2 provider terbesar di Indonesia yaitu telkomsel dan xl.

Baca Juga: 11 Game Multiplayer Online PC Terbaik Tahun 2020

Pemerintah bekerjasama dengan para penyedia jasa telekomunikasi dalam ujicoba kali ini yang akan menggunakan dua buah skema pemblokiran yaitu whitelist dan black list. Walaupun begitu, sampai saat ini pemerintah masih menysun aturan ini sampai bener-bener matang.

Selain itu, pemerintah dalam ujicoba kali ini, mereka akan melakukanya secara tertutup. Hal ini diungkap oleh Head of External Communication XL Axiata, Henry Wijayanto. Dirinya mengkonfirmasi jika mereka akan melakukan ujicoba pemblokiran IMEI secara tertutup.

Dalam ujicoba kali ini, pemerintah juga hanya akan menggunakan sebuah mesin Equipment Identify Register(EIR). Dimana mesin ini berfungsi untuk untuk mendeteksi IMEI yang dipakai untuk memblokir ponsel BM.

Data yang digunakan juga berupa sampel dummy. Dengan begitu, semua peranglat ponsel yang saat ini sudah tersambung dengan jaringan telekomunikasi tak akan terganggu.

Seperti yang kalian tahu sendiri pemerintah akan memberlakukan aturan ini sebagai upaya untuk pemberantasan ponsel-ponsel ilegal yang beredari di pasar Indonesia. Upaya pemberantasan tersebut dikatakan pemerintah untuk melindungi masyarakat agar tak tertipu oleh penjual-penjual nakal. Serta menjamin pasar bagi para pengusaha perangkat telekomunikasi pada pasar yang ada di Indonesia.

Untuk memastikan imei kamu terdaftar atau tidak? Maka kamu bisa mencoba memeriksanya di situs kemenperin.

Sekian artikel kali ini, semoga dengan artikel diatas bisa menambah wawasan dan informasi terbaru seputar dunia games dan teknologi.