Memperingati Ulang Tahun Ke-25, Ini 5 Fakta Menarik Playstation Yang Jarang Diketahui

sony playstation

Untuk pertama kalinya pada tanggal 3 Desember 1994, Playstation meluncurkan konsol generasi pertamannya yang dirilis secara global di Jepang. Dengan ulang tahun ke-25 menjadi salah satu tanda bahwa ternyata Playstation sudah sangat lama memberikan hiburan bagi para pecinta gamer khususnya para gamer di seluruh dunia.

Baca Juga: 9 Aplikasi Android Paling Berguna Desember 2019, Bisa Meringankan Hidup

Nah, dalam merayakan ulang tahunnya, kali ini Duniagamer akan memberikan lima fakta Playstion yang mungkin belum kamu tahu.

1. Kerjasama Yang Tidak Mulus

sony playsation 1, playstation x

Pada awalnya Playstation atau PS1 yang kita kenal merupakan salah satu proyek hasil kerjasama natara sony dan Nintendo. Pemilihan nama yang diberikan adalah Playstation atau Super Disc(nama ini ingin diambil karena menghadirkan cd di dalamnnya).

Sayang kerja sama antar keduanya tidak berjalan mulus. Disamping itu ternyata nintendo juga bekerja sama dengan Philips yang akhirnya membuat Sony men-develop konsol miliknya sendiri yang kita kenal dengan PS1 atau PS-X.

2. Controller Yang Kurang Disukai Petinggi Sony

controller playstation

Fakta menarik kedua adalah pada bagian controllernya. Konsep controller ini sebenarnya sempat dibantah oleh petinggi Sony, tapi Teiyu Goto selaku pembuat controller dari Playstation mendapatkan hari dari seorang Norio Ohga, selaku Vice President Sony yang ternyata suka dengan konsepnya. Ia mengatakan bawah konsep controller tersebut mirip dengan kontrol pesawat, dan kebetulan Norio Ohga juga merupakan seorang pilot.

Goto ojuga mengatakan bahwa empat ikon yang berada di Controller sony memiliki artinya sendiri:

Δ: mengacu ke arah sudut pandang, kepala, atau arah seseorang dan ditandai dengan warna hijau

O dan X: Mengarah pada “iya” atau “tidak” dan ditandai dengan warna merah dan biru

□: Dibuat mrip sehelai kertas yang mewakili menu atau dokumen yang ditandi dengan warna merah muda.

3. Tower Loading Screen PS2 Punya Makna Tersendiri

loading playstation 2

Bila kamu sering bermain ps 2 tentunya loading screen satu ini tidak asing lagi. Kalau kamu ingat-ingat pasti sering menjumpai loading dengan beberapa tower tinggi bewarna biru, namun siapa sangka ternyata tower yang hadir secara acak, mengartikan saved data untuk setiap game yang akan kamu mainkan.

Apabila kamu masih punya Playstation 2 kamu dengan memory card yang sudah memiliki saved data di dalamnnya dan bedakan dengan saat tidak memasang memory card.

4. Seorang Pemuda Mengganti Namanya Menjadi PS2

Ini mungkin kedengaran aneh dan munkin tidak terpikirkan oleh bayak orang. Karena bagaimana bisa seseorang mengganti namanya hanya demi sebuah konsol? Yap, itu telah terjadi pada tahun 2002. Pria dengan Dan holmes memutuskan untuk mengganti namanya menajadi Mr Playstation 2.

Baca Juga: Wow, Apple Akan Meluncurkan Headset Gaming VR

Alasannya karena Dan Holmes sangat amat mencintai konsol milik Playstation tersebut. Dan membawa Playstation 2 pada waktu livurnya dan dia telah menghabiskan uang kurang lebih sebesar Rp. 128.519.000 untuk konsolnya tersebut. Apakah mungkin sekarang dia telah mengganti nama jadi PS4?….masih jadi tanya, hehe.

5. Sony Dukung LGBT lewat Seri Gaystation Edition

ps4 gaystation edition

Untuk merayakan Stockholm Pride Festival yang digelar pada tanggal 2 Agustus 2017, retailer asal Swedia, menjual seri limited edition Playstation 4 dengan warna pelangi seharga Rp. 50.000.000. Hasil penjualan tersebut akan diberikan kepada RFSL, yaitu federasi Swedia yang mendukung adanya LGBT.

Baca Juga: Xiaomi Segera Luncurkan Ponsel 5G Dengan Kecepatan Pengisian 66W

Itulah tadi 5 fakta playstation yang unik dan jarang diketahui, dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang ke-25. Semoga dengan artikel diatas bisa menambah informasi untuk kamu. Dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya yang selalu up-to-date seputar dunia games dan teknologi.