Tentang Perbedaan Spotify Dan Joox, Mana Yang Lebih Bagus?

tentang perbedaan joox dan spotify

Belakangan ini eksistensi Spotify dan Joox sangatlah tinggi di telinga penggemar musik dunia dunia, hal ini tidak lepas dari gampangnya akses internet yang cepat. Sehingga tidak sedikit perusahaan – perusaahan yang menyediakan layanan streaming menggunakan media internet.

Baca Juga : 11 charger smartphone dengan bentuk aneh yang ngakak(lucu)

Dengan hadirnya kedua aplikasi ini membuat pengguna tidak perlu lagi menyisihkan storage yang mereka miliki untuk menyimpan musih yang ingin mereka dengar dan hanya perlu untuk menyisihkan internet yang dimiliki untuk menikmati musik pilihannya. Dan oleh karena itu hadirlah 2 aplikasi streaming musik paling terkenal yaitu Joox dan Sportify. Lantas apa perbedaan Joox dan sportify ?, sehingga kali duniagamer akan memberikan perbedaan kedua aplikasi tersebut.


1. Joox

aplikasi streaming musik joox

Joox sendiri merupakan aplikasi musik yang dirilis oleh Tencent di Januari 2015 lalu dan memulai pasarnya pertama kali di Asia mulai dari Hong Kong, Malaysia, Indonesia, Myanmar dan Thailand. Dimana pengguna dapat mendengarkan lagu, dari berbagai artist dengan berbagai genre di dalamnya. Kerennya lagi, Joox berasal dari kata Jukebox yang jika di translate berupa mesin pemutar lagu. Pemain tidak hanya bisa mendengarkan streaming musik namun juga dapat menggunakan radio di dalamnya. Joox bisa dapat diakses melaui PC, maupun Handphone smartphone mu.


2. Spotify

aplikasi streaming musik spotify

Spotify sendiri merupakan layanan aplikasi streaming yang diluncurkan pertama kali di tahun 2008 lalu. Pengguna bisa mendengarkan lebih dari 50 juta tracks lagu dalam applikasi tersebut, dari Artis, album, genre dan membuat serta mengedit berbagai macam playlist lagu yang diinginkannya.

Setelah kita mengenali kedua aplikasi streaming populer tersebut, masih banyak pengguna yang kebingungan mengenai aplikasi mana yang paling bagus diantara 2 aplikasi tersebut. Nah, duniagamer akan memberikan rangkuman perbedaan aplikasi tersebut dari berbagai sudut dan aspek.


Segi Kualitas

Mengingat keduanya adalah layanan musik, tentunya kalian mengetahui kualitas suara mana yang lebih bagus apakah joox atau spotify? Nah, untuk Joox sendiri, pengguna memiliki 3 pilihan di setting untuk merubah kualitas suara yang diinginkan, yaitu Low, Medium, dan High. Hal ini diperuntukkan untuk kalian yang memiliki paket data yang rendah namun masih ingin mendengarkan musik, tentunya semakin kecil kualitas suara tersebut semakin rendah pula penggunaan paket data kalian. Namun jangan salah, kualitas yang diberikan cukup bagus dan masih bisa di tingkatkan lagi jika kalian menggunakan fitur VIPnya ke DTS.

Sedangkan untuk Spotify sendiri, baik itu premium maupun tidak, Spotify memberikan kualitas suara yang sangat baik, dan sangat jernih. Namun pengguna juga bisa mengatur kualitasnya dari Low, Medium dan High, serta mengatur volume suara yang ingin didengarkannya. Terlebih, dalam Tunefab, banyak sekali pengguna yang mengatakan bahwa kualitas suara yang diberikan oleh Spotify memang lebih baik dari pada Joox.


Pilihan Musik

jumlah musik di spotify dan joox

Jika mengenai pilihan musik ini merupakan keunggulan dari spotify karena mempunyai pilihan musik yang cukup banyak untuk didengarkan. Hal ini mungkin saja karena spotify duluan hadir dalam dunia layanan streaming. Jika secara jujur penulis merasa Spotify memiliki koleksi musik yang lebih lengkap dibandingkan dengan Joox. Namun bukan berarti Joox tidak memiliki katalog musik yang lengkap, hanya saja jika dibandingkan dengan Spotify, Joox terlihat lebih kurang.


Mana Yang Gratis ?

musik gratis di joox dan spotify

Jika bertanya aplikasi mana yang dapat digunakan secara gratis ? Sebenarnya kedua aplikasi tersebut gratis untuk digunakan. Namun memiliki banyak limitasi yang membuat pengguna tidak bebas dalam mendengarkan musik. Misalkan saja di Spotify, Pemain tidak dapat memilih lagu yang diinginkan jika pemain tidak membeli Spotify Premiumnya, dalam sebuah playlist yang diberikan, pengguna tidak dapat memilih lagu yang diinginkannya, dan Spotify hanya akan membuat mu mendengarkan semua lagu yang terdapat dalam playlist tersebut sebelum lagu yang kamu inginkan dapat terputar. Pengguna juga harus mendengarkan ads yang akan ada di sela lagu, dan pengguna tidak dapat terus – terusan melakukan skip pada lagu yang tidak ingin di dengarkannya.

Sedangkan untuk aplikasi Joox, pengguna bisa mendapatkan beberapa pilihan lagu yang haya bisa didengar apabila tidak terdapat versi VIP. Namun apabila ada tulisan di VIP di sampingnya maka kalian harus membeli layanan Vip terlebih dahulu, sebelum bisa mendengarkannya akan ada berbagai ads yang di berikan oleh layanan tersebut untuk para penggunanya di sela musik.

Namun untuk kalian yang mencari gratisan mungkin aplikasi Joox bisa menjadi salah satu pilihan terbaik kamu. Hal ini dikarenakan para pengguna bisa memilih lagu yang diingan dan lagu yang disediakan cukup banyak dari berbagai jenis artis dan genre. Terlebih lagi Hoox memiliki layanan dimana pengguna bisa mencoba Joox Premum secara gratis selama beberapa saat dengan menyelesaikan beberapa misi yang dihadirkan dalam aplikasi tersebut.


Kesimpulan

Jika disimpulkan dari berbagai sudut pandang menunjukan bahwa kedua aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Misalnay saja Joox lebih unggul dari segi gratisan sedangkan Spotify yang memiliki kualitas suara serta katalog musik yang lebih lengkap.

Bila bicara secara pribadi mungkin saja saya lebih memilih Joox karena sudah terlanjur suka serta memiliki lagu-lagu yang cukup lengkap, namun sebenarnya Spotify juga tidak kalah bagus boleh diimbang seimbang.

Lantas, bagaimana menurut kalian ? mana aplikasi layanan musik yang bakal anda sukai? Apakah Joox, Spotify atau yang lain…. Tentukan sesuai kata hatimu ya.